Minggu, 27 Maret 2011

Ditemukan Barang Antik Abad ke-3

Ditemukan Barang Antik Abad ke-3

Pemerintah Inggris baru saja mendapatkan temuan “harta karun” terbaru. Harta karun tersebut berupa dua buah karung seberat 160 kg (seberat dua orang pria dewasa!) yang berisikan koin-koin kuno Roma dan kalung besi emas kuno yang memiliki dekorasi yang sangat cantik.
Harta karun yang disebut The Hoard Frome ini ditemukan di Skotlandia serta dijadikan barang antik milik negara sehingga disimpan di museum nasional.
Namun, status kedua harta nasional tersebut dalam bahaya, pasalnya banyak diburu para kolektor barang antik dan bahkan berkemungkinan hilang jika museum  belum mampu mengumpulkan uang untuk mengamankan benda-benda tersebut.
The Hoard Frome, yang terdiri dari 52.500 koin Roma abad ke 3, ditemukan oleh penggemar detektor logam di sebuah lapangan dekat Frome di Somerset musim panas lalu.
Keempat perhiasan kalung emas yang dikenal sebagai torcs, juga ditemukan dengan detektor logam.
Jenny Abramsky, Ketua  The National Heritage Memorial Fund (NHMF), mengatakan “Temuan yang menakjubkan ini memberikan wawasan yang benar ke dalam sejarah Inggris yang kaya dan beragam”, demikian lansir CNBC, Selasa (22/03/2011).
Museum Somerset mengambil kepemilikan 320.000 poundsterling (sekira Rp.4,5 miliar) Frome Hoard, sedangkan torcs senilai 462.000 poundsterling (Rp.6,5 miliar) akan ditetapkan sebagai koleksi Museum Nasional Skotlandia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More